Minggu, April 11, 2010

7 Tehnik Desain yang Terlalu Banyak Dipakai



elemen-elemen


Apa semua desain terlihat sama buat lo? Atau lo juga tanpa sadar mengikuti trend desain yang itu-itu saja? Kapanpun lo nyari inspirasi, sadar nggak kalo lo selalu terikat pada beberapa efek/elemen desain?. Ini bukan perkara bagus atau buruk, Cuma kayanya penggunaannya udah terlalu banyak..


Gambar stock sudah biasa kita pake dalam mendesain, berkaitan dengan gambar stock itu ada diskusi hebat mengenai gambar stock di GoMediaZine.



1. Sunrays / Pancaran Cahaya/ Sinar



Sinar


Selama ini, tehnik yang paling sering dipakai adalah efek sinar ini. Yang biasanya dijadiin background ato bahkan menjadi pusat desain itu sendiri kaya gambar di atas.



2. Siluet



Siluet


Siluet vector dari orang ato objek lain adalah yang nomer 2. Setelah terkenal dalam iklan iPod, kita dapat melihat desain dengan siluet hampir dimanapun. (gambar diatas malah gabungan dari sunray dan siluet)



3. Ink Splatter



Ink Splatter


Hampir sama dengan yang keempat, muncratan tinta (ato gaulnta ink splatters) juga ada dimana mana. Jujur, gue sendiri sering banget pake ini juga. Soalnya ink splatter ini memang memberi kesan keren dan trendi. Menyatu dengan desain grunge. Walau gimana juga penggunaanya jangan berlebihan.



4. Puntiran / Bunga / Ornamen



Ornamen lengkungan bunga


Puntiran sepertinya memang lagi marak-maraknya, kerana emang elemen yang satu ini enak dilihat. Sedang ornamen dan kembangan membuat desain terlihat segar dan alami dimana kesan 'alami' ini emang lagi 'in



5. Garis yang Mengalir



Flowing lines


Garis yang terlihat mengalir ini dapat membuat desain terlihat mengalir dan dinamis. Dapat menimbulkan kesan emosi tertentu saat digabung dengan elemen lain (contoh: lingkaran fungky kaya diatas) yang menyebabkan elemen ini sering digunakan.



6. Linkaran-lingkaran Funky/Retro




Lingkaran retro


Lingkaran-lingkaran fungky ini, dengan kombinasi-kombinasi warna yang tak hingga ini tersebar di seluruh penjuru web. Dan seperti namanya, elemen ini jelas membuat suatu desain terlihat funky. Mo kaya apa juga, tetep aja udah kebanyakan.



7. Asap



Asap


Efek asap ini memang tidak sebegitu terlihat dibandingkan dengan ke 6 elemen lainnya karena biasanya mereka terletak di background sebuah desain. Tapi kalo diliat-liat, efek ini ada dimana-mana.



Apakah desain semakin terlihat monoton? Kenapa? Apa gara-gara gambar stock? Apa elemen-elemen tadi memang terlalu banyak? Ato kamu punya saran lagi?





Technorati : , ,

Flickr : , ,

0 comments:

Posting Komentar

Punya saran? kritik? atau bahkan ide-ide desain dan inspirasi baru (yang aneh-aneh) dalam desain kaos/jaket? Silahkan posting!

Kampung Blog

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia